Friday, November 30, 2018

Amartha Salurkan 2000 Kacamata Gratis di Jawa Barat

Kegiatan ini bentuk kepedulian Amartha terhadap para ibu di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Amartha menyalurkan 2.000 kacamata baca gratis di empat daerah di Jawa Barat yakni Karawang, Purwakarta, Cirebon dan Majalengka pada 29-31 November 2018. Acara ini diselenggarakan Amartha bekerja sama dengan NVG Essilor serta Pemerintah Daerah (Pemda) dan warga setempat.

“Hari ini kami memberikan 477 kacamata gratis kepada warga yang membutuhkan di Tempuran, Kawarang. Ini adalah wujud kepedulian kami terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan kacamata untuk membantu mereka dalam beraktivitas,” kata Ahmad Zaki, Marketing Communication and Activation Manager di Tempuran, Karawang, Jumat (30/11).

Pria yang akrab disapa Zaki ini menjelaskan saat ini masih banyak masyarakat pedesaan yang kesulitan mendapatkan layanan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis. Karena itu, Amartha berkomitmen untuk menjadi penghubung agar kesejahteraan merata sungguh terwujud. “Kami dibantu oleh warga dan pihak kecamatan Tempuran dalam menyelenggarakan acara ini. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan pemberian kacamata ini,” ujar Zaki.

Zaki menjelaskan masyarakat perdesaan sangat sulit untuk mendapatkan akses pemeriksaan mata. Ini karena, akses lokasi tersebut yang sulit dijangkau di pedesaan.

Selain itu, masalah penglihatan terutama rabun dekat terjadi saat memasuki usia 40 tahun. “Ketika kesehatan mata terganggu maka seseorang tidak beraktivitas dan melakukan kegiatan produksi secara maksimal. Padahal, 80 persen informasi yang kita dapat berasal dari mata,” ucap Zaki.

Dia berharap dengan kacamata ini, semakin banyak perempuan tangguh di Karawang yang memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. “Amartha telah melakukan terus membagikan kacamata gratis untuk ibu-ibu di pulau Jawa. Pada Februari 2018, kami telah memberikan kacamata gratis kepada 3.000 ibu-ibu di Jawa Tengah dan Yogyakarta,” tutup Zaki.

Pada September 2018, Amartha memberikan 1.710 kacamata gratis kepada para ibu di tiga desa di Jawa Timur yakni Balai Desa Sobontoro, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung; Balai Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Jombang; dan Balai Desa Pengantigan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Dalam pembagian ini, Amartha juga turut dibantu oleh pemerintah daerah dan karang taruna setempat.

Seperti diketahui, 2.5 NVG Essilor adalah divisi khusus dari perusahaan lensa Essilor Group yang memiliki misi untuk memberikan kacamata kepada masyarakat yang kurang mampu. Pada tahun 2017, Amartha telah bekerja sama dengan Tim 2.5 NVG Essilor dalam mengadakan pemeriksaan mata di Mojokerto, Blitar dan Sukabumi.

Tak hanya itu, 2.5 NVG juga telah mengadakan pelatihan pemeriksaan mata kepada petugas lapangan di kantor cabang Kemang pada September 2017.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Pcq7Bs
November 30, 2018 at 06:38PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2Pcq7Bs
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment