Monday, December 3, 2018

OJK Imbau Perbankan Lakukan Efisiensi

Dengan efisiensi bank bisa lebih kompetitif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, sangat memperhatikan kondisi suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Sebab, itu bisa memengaruhi suku bunga perbankan.

Maka Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengimbau, agar bank bisa meningkatkan efisiensinya. "Efisiensi adalah proses yang selalu ditingkatkan oleh semua bank karena dengan efisiensi, bank bisa lebih kompetitif," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Senin, (3/12).

Ia melanjutkan, saat ini bank-bank berlomba meningkatkan efisiensi supaya biayanya lebih murah. Dengan begitu, bank dapat menawarkan harga produk lebih murah namun berkualitas bagus.

"Itu adalah bisnis yang harus dilakukan oleh semua industri perbankan. Kalau nggak melakukannya, dia nanti akan kaget dan terlihat bank-nya nggak kompetitif karena nggak bisa menawarkan produk lebih murah," kata Wimboh.

Semua bank, kata dia, diminta untuk melakukan itu dengan proses serta tingkat yang berbeda-beda sesuai kondisi bank-nya. Dengan begitu tidak heran bila ada bank yang hanya bisa menawarkan produk berharga sangat mahal.

"Jadi suku bunga kreditnya mahal dibandingkan yang lain atau dia hanya bisa dapat deposan tapi hanya dengan mengandalkan suku bunga yang lebih tinggi. Ini harus mulai masing-masing bank mencari kiat-kiat supaya lebih kompetitif," tutur Wimboh.

Cara bank tingkatkan efisiensi, kata dia, di antaranya dengan menambah nasabah lebih banyak sehingga pendapatan nonbunga (fee based income) pun lebih banyak. "Kalau dia produknya banyak, fee based, dan sebagainya, sehingga tidak harus mengandalkan pendapatan dari sumber bunga," jelasnya.

Dengan begitu, kata Wimboh, meski suku bunga mahal namun bank bisa mendapatkan pendapatan yang lebih murah serta fee based income yang bagus. "Itu semua bank kita dorong begitu. Maka ke depannya, bank otomatis harus menambah nasabahnya semakin banyak dan semakin banyak," tegasnya.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2zAepLW
December 03, 2018 at 06:42PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2zAepLW
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment